Penemuan Baru Material Yang Dapat Memperbaiki Dirinya Sendiri

Peneliti Arizona State meneliti sebuah bahan yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri atau 'self-healing' material, material self-healing ini dapat merasakan adanya kerusakan dan meregenerasi dirinya sendiri (seperti Terminator mungkin). Seperti sebuah struktur biologis, bahan ini dapat digunakan untuk mengembangkan bahan komposit yang dapat menyembuhan dirinya sendiri, menghentikan keretakan atau kerusakan dan meregenerasi bahan untuk kembali memperkuat strukturnya.



Materi ini menggunakan "shape-memory" polimer, atau material yang kembali ke bentuk semula ketika dipanaskan sampai suhu tertentu (untuk demonstrasinya tentang bagaimana hal ini bekerja, lihat video di bawah ini). Polimer yang ditanamkan pada jaringan serat optik yang berfungsi sebagai sensor kerusakan yang kembali kebentuknya semula saat berada pada suhu tertentu.




 
 

Ketika materi Utama mengalami kerusakan, seperti air mata, sebuah laser inframerah mentransmisikan foton melalui jaringan serat optik polimer ini dan memberikan energi panas ke tempat yang bermasalah. Yang memicu polimer shape-memory untuk memperbaiki kerusakan, yang diprogram untuk menguatkan bahan utama hingga 11 kali. Efek polimer ini juga bisa menutup celah atau robek, mengembalikan 96 persen dari kekuatan asli material utamanya. Selain itu, material ini dapat menyembuhkan dirinya sendiri ketika sedang menyembuhkan material utama yang ditumpanginya.

Struktur adaptif otonom ini telah dikembangkan dengan adanya beberapa penelitian polimer 'shape-memory' yang di lakukan peneliti dari MIT .Para ilmuwan MIT untuk pertama kalinya memodelkan secara matematis  polimer 'shape-memory' ini secara detail, yang membuatnya menjadi jauh lebih mudah dirancang untuk aplikasi baru seperti perangkat medis implan atau bahan ruang yang dapat dipadatkan ke dalam paket kecil dan kemudian secara otomatis membersar menjadi menjadi struktur yang kompleks begitu mereka dibuka (mungkin seperti robot kapsul dalam film dragon ball Z....). Atau robot pembunuh yang dapat mengobati dirinya sendiri seketika.[popsci]