Baju Unik Detektor Polusi Udara

Sering merasa dihantui oleh penyakit pernafasan akibat polusi udara kota? Namun kadang kita tidak bisa dengan mudah mendeteksi apakah udara yang kita hirup bersih atau berpolusi. Nah ini dia jawabannya, Baju yang bisa mendeteksi polusi udara disekitar kita semudah memandang wajah teman kita lebih tepatnya bajunya.

baju detektor polusi udara
Alat pendeteksi polusi berupa sebuah baju ini dirancang oleh dua orang mahasiswa NYU, Sue Ngo dan Nien Lam. T-Shirt ini dapat digunakan sebagai indikator perubahan level karbon monoksida di atmosfer. T-shirt buatan Lam dan Ngo ini menggunakan detektor karbon monooksida yang sangat tipis untuk membaui polusi karbon monooksida. Ketika detektor mendeteksi polutan diudara, sebuah mikrokontroler mengirimkan arus listrik melalu baju dan memanaskan kabel yang di desain menyerupai urat paru-paru atau jantung, gambar organ pada baju ini akan berubah warna sesuai level polutan yang di endus oleh detektor.

baju detektor polusi udara
perubahan warna paru-paru akibat asap rokok
Bagian berbentuk organ pada baju ini terbuat dari kain termokromik yang berubah warna karena perubahan suhu.

Berikut link video proses pembuatan dan penggunaan Baju detektor polusi ini (karena butuh persetujuan Ngo dan Lam untuk menampilkan video di lain situs jadi hanya saya tampilkan linknya saja) :


1 comments:

masigit said...

Saya berkata: info yg menarik...

Post a Comment