Fenomena Unik Badai Api

Badai api yang sering juga disebut setan api atau tornado api, merupakan fenomena alam yang jarang terjadi. Badai api biasanya terjadi dalam kondisi suhu dan arus udara memungkinkan untuk membentuk gerakan vertikal yang berputar layaknya badai tornado biasa namun yang unik dalam badai api, pusaran ini akan terbentuk dari api yang dapat terpisah langsung dari sumber api yang terbakar sehingga memungkin pusaran badai api ini bergerak menjauhi sumber api dan membakar area disekitarnya.
badai api

Contoh ekstrim fenomena badai api ini adalah pada gempa bumi besar di Kanto, jepang tahun 1923 yang menyulut badai api berukuran besar yang menewaskan 38.000 orang dalam limabelas menit. Contoh lainnya pada badai api yang terbentuk setelah petir menyambar fasilitas penyimpanan minyak dekat San Luis, California april, 1926, badai api ini merusak banyak fasilitas bahkan yang jauh dari sumber api dan menewaskan dua orang.

badai api

Badai api terbesar biasanya lahir dari hasil kebakaran hutan. Ia terbentuk ketika udara panas dan api bertemu dan membentuk pusaran, biasanya mencapai tinggi 10-50 meter, dan bertahan beberapa menit. Namun ada beberapa yang dapat mencapai tinggi hingga ukuran kiliometer, dengan kecepatan pusaran 160 km/h dan bertahan hingga 20 menit.